Beberapa tips mencuci sprei dan bedcover

Bedcover saat ini sudah menjadi salah satu barang kebutuhan pokok sebagian masyarakat karena bedcover memberi kenyamanan sekaligus memperindah tampilan kamar tidur mereka khususnya bagi sebagian masyarakat yang kamar tidurnya menggunakan AC ataupun bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang cukup sejuk/dingin seperti daerah-daerah dekat pegunungan.

Namun karena digunakan hampir setiap hari, maka bed cover tergolong barang yang mudah kotor, apalagi jika memiliki bed cover dengan warna yang terang. Sebaiknya bed cover dicuci dan dibersihkan secara rutin minimal 2 minggu sekali agar selain terjaga kebersihan dan keindahannya, juga agar terhindar dari bakteri atau kuman yang mungkin menempel.

Di bawah ini saya ingin berbagi beberapa tips untuk mencuci sprei atau bedcover dengan baik dan benar agar kualitas dari bed cover kesayangan bisa tetap terjaga dengan baik.

  1. Tahap pertama, pisahkan sprei dan bed cover dari cucian yang lain untuk menghindari resiko terkena lunturan dari cucian yang lain.

  2. Rendam bed cover dalam larutan detergen selama ± 30 menit saja. Merendam bed cover tidak boleh terlalu lama karena bisa merusak serat kain.

  3. Jika mencuci dengan tangan, sebaiknya jangan menggunakan sikat karena dapat merusak serat kain. Gunakan tangan secara manual dengan cara mengucek secara perlahan. Sedangkan jika mencuci dengan menggunakan mesin cuci sebaiknya gunakan level kecepatan yang normal saja.

  4. Saat proses pencucian, sebaiknya fokuskan pada noda yang terlihat jelas. Misalnya jika terdapat noda darah, usahakan untuk direndam terlebih dahulu menggunakan air dingin agar noda bisa segera rontok, karena jika sudah sampai proses pengeringan akan membuat noda semakin sulit dibersihkan.

  5. Sebaiknya jangan menggunakan pemutih/bleaching, apalagi untuk bed cover dengan bahan yang tipis.

  6.  Untuk proses pengeringan manual dengan tangan sebaiknya jangan melakukan pemerasan terlalu kuat, cukup lakukan perasan ringan untuk mengeluarkan air dan biarkan sisa air yang ada jatuh menetes atau menguap.

  7. Jangan jemur bed cover di bawah sinar matahari langsung karena bisa membuat warnanya menjadi cepat kusam. Cukup diangin-anginkan saja.

  8. Pastikan bed cover kering secara merata dengan cara membaliknya setelah beberapa jam untuk menghindari timbulnya bau apek akibat adanya bagian yang belum kering.

  9. Setrika dengan suhu sedang-sedang saja, dan jika anda belum akan menggunakannya sebaiknya lipat dengan rapi dan masukkan ke dalam lemari.

Demikian beberapa tips mencuci bed cover dari saya, semoga tips ini bermanfaat bagi kita semua.

Semoga bermanfaat ^_^

 

www.kedaisprei.com